Sunday, September 27, 2009

perkenalan dengan Yo-yo

Yo-yo sudah ada di dunia ini lebih dari 500 tahun sebelum masehi, dipercaya berasal dari Cina, meskipun catatan artefak tertua tentang yo-yo berada di Romawi. Dengan berjalannya waktu yo-yo terus menyebar ke seluruh penjuru dunia, baik Asia (yang dipercaya sebagai tempat asalnya), Eropa an Amerika. ada juga beberapa peneiti yang menyebutkan bahwa yo-yo digunakan untuk senjata berburu oleh orang filipinia, caranya tidaklah dilemparkan langsung sejajar pada binatang buruan tetapi dengan cara si pemburu yang berdiam diri diatas pohon menunggu buruannya, dengan menggunakan batu berbentuk 2 cakram dan diikat dengan tali yang cukup panjang (bentuk yo-yo) hewan buruan akan dilempar dari arah atas, dan alat berburu yang digunakan pun bisa kembali ketangan si pemburu.

Nama yo-yo sendiri berasal dari bahasa Filipina (yo-yo=come-come). nama yo-yo sendiri mulai menyebar sejak Pedro Flores, seorang Filipina yang pergi ke Amerika dan kemudian dia membut perusahaan yo-yo pertama di dunia, yang kemudian di beli oleh Donald F. Duncan yang sekarang menjadi perusahaan yo-yo Duncan.

dengan semakin berkembangnya permainan yo-yo bentuk yo-yo pun mengalami pengembangan desain. yang sebelumnya hanya memiliki bentuk imperial, kemudian muncul bentuk baru pada yo-yo yang bisa lebih memudahkan dalam melakukan trik2 tali. Bentuk in dikenal dengan bentuk butterfly.


saat ini bentuk yo-yo sudah semakin bermacam, penerapan teknologi yang digunakan pun sangatlah beragam dan membantu mengembangkan tingkatan permainan pada level yang lebih tinggi, seperti penggunaan Ball bearing yang bisa membuat putaran lebih lama, material istimewa yang digunakan (alumunium, magnesium, titanium, dll).

beberapa yo-yo profesional yang digunakan menggunakan fitur unresponsif yang mana yo-yo tidak dapat kembali ke tangan dengan cara menghentakan tangan sedikit keatas seperti yo-yo yang kita kenal (memiliki sistem responsif), tapi harus menggunakan trik tertentu yang dikenal dengan istilah Binding, jadi jangan kaget ketika nanti anda melihat yo-yo yang terbuat dari logam dan tidak bisa kembali ke tangan. jika ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan untuk bertanya dan berbincan denga IndieYo.................



0 comments:

Post a Comment